Rabu, 04 Maret 2015

silabus 2013 SMP

SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Satuan Pendidikan : SMPN 2 TEMBILAHAN Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Kelas : VII (Tujuh) Kompetensi Inti : KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.. KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. KI 4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 3.6 Memahami hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid 4.6 Mempraktikkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid Shalat Sunnah Berjama’ah dan Munfarid Mengamati • Menonton dan mencermati gambar atau tayangan yang terkait dengan tatacara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid. • Mengamati secara langsung praktik pelaksanaan ibadah shalat jama’ah dan munfarid ke masjid terdekat. • Menyimak, mencermati, dan mereview penjelasan tentang tata cara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid . • Membaca dan mencermati dalil naqli tentang tatacara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid beserta artinya. Menanya • Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang terkait dengan ibadah shalat jama’ah dan munfarid. • Mengajukan pertanyaan tentang tatacara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid beserta artinya. • Mengajukan pertanyaan mengenai pentingnya ibadah sunnah yang dilakukan baik secara berjama’ah maupun munfarid. Mengumpulkan Informasi • Menggali/mencari contoh-contoh tata cara pelaksanaan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid dari berbagai media/literatur. • Mengumpulkan dan mengelompokkan macam-macam shalat sunnah yang dikerjakan secara berjama’ah maupun munfarid. • Mengumpulkan informasi dan data terkait orang-orang yang gemar melaksanakan ibadah shalat sunnah baik secara berjama’ah maupun munfarid. Menalar/Mengasosiasi • Membuat skema hubungan dari contoh-contoh nyata ibadah shalat sunnah berjama’ah maupun munfarid dengan kesuksesan orang-orang yang senantiasa menjaganya. • Membuat skema hubungan dari antara orang-orang yang melalaikan shalat sunnah baik berjama’ah maupun munfarid dengan dampak buruk yang ditimbulkannya. • Menganalisis tatacara pelaksaan ibadah shalat jama’ah dan munfarid pada suatu tempat, kemudian dibandingkan dengan sumber yang valid. Mengomunikasikan • Mendemonstrasikan tatacara shalat sunnah berjama’ah dan munfarid. • Menyajikan tayangan tentang pelaksanaan shalat jama’ah dan munfarid melalui media interaktif. Memaparkan kesimpulan hasil analisis dan penelaahan materi tentang shlat sunnah berjama’ah dan munfarid. Sikap • Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:  Isi diskusi tentang manfaat dan kendala pelaksanaan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok. Pengetahuan • Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda. • Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja shalat sunnah berjama’ah dan munfarid Keterampilan • Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel tentang shalat sunnah berjama’ah dan munfarid • Membuat paparan bagan alur pelaksanaan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid • Membuat paparan rumusan pemecahan masalah yang menjadi kendala pelaksanaan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid. 2 x 80 menit ( 2 x pertemuan ) • Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI • Buku Teks PAI kelas VIII • Buku-buku Penunjang PAI kelas VIII 3.8 Memahami hikmah puasa wajib dan sunna Puasa Sunnah dan Puasa Wajib Mengamati • Membaca teks/buku yang menyajikan materi tentang puasa sunnah dan puasa wajib. • Menonton dan mengamati gambar atau tayangan yang terkait puasa wajib dan puasa sunnah melalui berbagai sumber dan media. • Menyimak dan membaca penjelasan mengenai ketetuan puasa wajib dan puasa sunnah. • Mencermati dan membaca dalil naqli puasa wajib dan puasa sunnah. Menanya • Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal tentang puasa wajib. • Mengajukan pertanyaan tentang puasa sunnah. Mengumpulkan Informasi • Merumuskan skema atau mind mapping tatacara pelaksanaan puasa wajib. • Mengumpulkan data-data terkait dengan pelaksanaan ibadah puasa wajib dan sunnah. • Menganalisis dan merumuskan hikmah puasa wajib dan puasasunnah Menalar/Mengasosiasi • Menganalisis hubungan pelaksanaan ibadah puasa wajib dan puasa sunnah dengan perilaku masyarakat dalam bermasyarakat. • Merumuskan hubungan antara ibadah puasa dengan kesehatan pelakunya. • Merumuskan hikmah pelaksanaan puasa wajib dan puasa sunnah. Mengomunikasikan • Memaparkan hubungan antara ibadah puasa dengan sikap spiritual dan sikap sosial orang yang melakukannya. • Memaparkan hubungan antara ibadah puasa dengan kesehatan orang yang melakukannya. Menyajikan hasil temuan tentang hikmah pelaksanaan ibadah puasa Sikap • Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :  Isi diskusi (tentang hikmah puasa wajib dan puasa sunnah.dalam kehidupan)  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok. Pengetahuan • tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda Keterampilan • Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel tentang puasa wajib dan puasa sunnah. • Membuat paparan diagram alur pelaksanaan puasa wajib danpuasasunnah 2 x 80 menit ( 2 X Pertemuan ) • Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI • Buku Teks PAI kelas VIII • Buku-buku Penunjang PAI kelas VIII 4.8 Melaksanakan puasa wajib dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman hikmah puasa wajib dan puasa sunnah 3.1 Memahami makna Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; serta hadits terkait 4.1.1 Membaca Q.S. Al Furqan (25): 63 dan Al-Isra’ (17): 27 dengan tartil 4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63 dan Al-Isra’ (17): 27 serta Hadits terkait Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; dan Hadis tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana Mengamati • Mengamati teks atau tayangan yang Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27 untuk memotivasi semangat membaca dan mengkaji Al-Qur’an. • Menyimak dan membaca Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; serta hadits tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana. • Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan mim sukun. • Menelaah arti Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; Menanya • Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang keutamaan menbaca Al-Qur’an dan ilmu tajwid serta hikmah yang terkandung di dalamnya. • Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan Mim Sukun dana macam-macamnya. Mengumpulkan Informasi • Secara individu maupun kelompok mencari dan menyusun lafadz atau kalimat yang mengandung hukum bacaan Mim Sukun pada Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27. • Menyusun dan memasangkan lafadz dengan artinya baik secara individu maupun kelompok pada Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27. • Secara berpasangan menghafalkan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27. Menalar/Mengasosiasi • Secara individu maupun kelompok menganalisis lafadz-lafadz yang mengandung hukum bacaan izhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgam mutamasilain. • Secara individu maupun kelompok menganalisis lafadz-lafadz yang sudah sesuai dengan artinya. • Menyimpulkan isi kandungan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27. Mengomunikasikan • Menunjukkan/memaparkan hasil analisis tentang hukum bacaan mim sukun yang terkandung dalam Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27 • Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27. Memaparkan kesimpulan isi kandungan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27. Sikap • Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:  Isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan mim sukun) • Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap kandungan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27; tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana dan hukum bacaan mim sukun. Pengetahuan • tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda • Tes lisan hafalan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27 Keterampilan • Mencari dan mengumpulkan gambar /artikel/berita sebagai motivasi mempelajari Al-Qur’an. • Membuat paparan tentang kandungan Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27 dan Hadits terkait. Membuat paparan anaisis dan identifikasi hukum bacaan mim sukun dalam Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27 2 x 80 menit ( 2 X Pertemuan • Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI • Buku Teks PAI kelas VIII • Buku-buku Penunjang PAI kelas VIII 3.10 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dari masa Umayah hingga masa Abbasiyah Mengamati • Membaca dan mencermati teks atau bacaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dari masa Umayah sampai Abbasiyah. • Menonton film atau tayangan yang terkait dengan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah. • Menyimak dan membaca penjelasan mengenai sejarah sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah. Menanya • Mengajukan pertanyaan tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah.. • Mengajukan pertanyaan tentang faktor-faktor yang mendukung terjadinya pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah. Mengumpulkan Informasi • Mencari bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah. • Menggali bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Abbasiyah. • Mengelompokkan tokoh-tokoh ilmuwan muslim masa Umayah. • Mengelompokkan tokoh-tokoh ilmuwan muslim masa Abbasiyah. Menalar/Mengasosiasi • Membuat gambaran/deskripsi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah. • Menganalisis hubungan antara pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah dengan Abbasiyah. • Membuat skema hubungan antara pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah dengan masa Abbasiyah. Mengomunikasikan • Memaparkan bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah. • Memaparkan bukti-bukti sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Abbasiyah. Menyajikan kesimpulan hasil analisis hubungan pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Umayah dengan masa Abbasiyah. Observasi • Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:  Isi diskusi (tentang tokoh-tokoh ilmuwan muslim masa Umaya dan tokoh-tokoh ilmuwan muslim masa Abbasiyah.)  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok. Pengetahuan • tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda Keterampilan • Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dari masa Umayah sampai Abbasiyah. • Membuat paparan hasil analisis tokoh-tokoh ilmuwan muslim masa Umayah. • Membuat paparan hasil analisis tokoh-tokoh ilmuwan muslimmasaabasiyyah. 2 x 80 menit ( 2 X Pertemuan • Al Qur’an dan terjemahnya Depag RI • Buku Teks PAI kelas VIII • Buku-buku Penunjang PAI kelas VIII • CD/Video Pembelajaran Interaktif 4.10 Merekonstruksi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari Tembilahan November 2014 Guru Pamong Mahasiswa Praktek RUSMADI S. Ag M.Pd.I NUR MUTMAINNAH NIP. 19690414 199812 1009 NIM. 1209 11 06272 Mengetahui Kepala Sekolah Dosen Pembimbing IDRIS, S.Pd. M.Si SYAIFUL ANWAR, S.Pd. M.Pd NIP. 196707111993031004 NIK. 001209076

Tidak ada komentar:

Posting Komentar