Rabu, 04 Maret 2015

laporan akhir PM akhir AMINUDDIN 2014

BAB I PENDAHULUAN A. Pengertian Praktik Mengajar Praktik Mengajar merupakan kegiatan pelatihan untuk mengaplikasikan pengalaman, sikap dan keterampilan dalam melaksanakan pendidikan calon guru. Program ini dirancang untuk melatih mahasiswa menguasai kemampuan atau kompetensi keguruannya yang utuh dan terintegrasi, sehingga setelah menyelesaikan pendidikannya siap menjadi calon guru yang profesional. Paraktik Mengajar bersifat inttrakturikuler yang mencakup pelatihan mengajar dan non mengajar. Matakuliah Praktik Mengajar ini memiliki obot 4 SKS. Praktik Mengajar meliputi kegiatan mengajar di Sekolah Umum dan Madrasah, yang dalam pelaksanaan pembelajaran mahasiswa memiliki kemampuan untuk menerapkan ilmu yang telah dimiliki. B. Latar Belakang Pelaksanaan Praktik Mengajar Pendidikan adalah suatu usaha untuk mencerdaskan kehidupan masa depan yang akan datang agar lebih baik dan lebih maju dari sekarang, yang sesuai dengan tuntutan zaman. Didalam sistem pendidikan nasional (UU No.Tahun 1989) dikemukakan bahwa “Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan kesehatan jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap serta kemasyarakatan dan kebangsaan. Untuk merealisasikan tujuan tersebut maka peran guru sangat dibutuhkan. Oleh karena itu tanpa guru pendidikan tidak akan tercapai, sebab guru adalah subjek dari pendidikan. Guru adalah seorang yang mengabdikan dirinya dalam bidang pendidikan melalui interaksi secara edukatif, formal dan sistematis. Guru merupakan tenaga pendidikan yang digolongkan sebagai pendidik. Tenaga pendidik bertugas sebagai pembimbing, mengajar, dan melatih khususnya pendidikan di SMPN 2 Tembilahan. Peran guru utama adalah membimbing dan mengajar. Peran ini diwujudkan dalam membentuk kegiatan mengajar dan mendidik anak didik agar anak didik tersebut dapat memiliki IPTEK dan IMTAK. Untuk melaksanakan tugas-tugas guru dalam mengajar dan mendidik, maka kita sebagai calon guru yang akan terjun kemasyarakat untuk mengajar disekolah-sekolah terlebih dahulu melakukan praktik lapangan, dengan maksud agar calon guru ketika nanti mengajar sudah dibekali pengalaman dalam mengajar sehingga ketika mengajar nantinya tidak akan grogi. C. Tujuan dan Manfaat Praktik Mengajar 1. Tujuan Praktik Mengajar a. Menambah ilmu pengetahuan dan pemahaman bagi mahasiswa untuk dapat menerapkan teori-teori yang telah dipelajari dengan kondisi praktik lapangan. b. Untuk mendidik mental bagi mahasiswa dan menerapkan ilmu yang diperoleh sebagai calon guru. c. Mendalami dalam menghadapi siswa untuk mencapai tujuan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. d. Untuk memenuhi persyaratan akademik dalam penyelesaian proses perkuliahan. e. Untuk melatih mahasiswa dalam praktik mengajar, baik mengajar maupun non mengajar. 2. Manfaat Praktik Mengajar Seperti yang telah kita ketahui dilakukannya praktik mengajar ini bertujuan untuk mengenal dan beradaptasi dengan dunia pendidikan sebelum kita menjadi guru yang sesungguhnya. Adapun manfaat praktik mengajar adalah : a. Menambah ilmu pengetahuan tentang pelaksanaan praktik mengajar b. Dapat mengetahui berbagai hambatan dan tantangan serta persoalan yang dapat dihadapi dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. c. Sebagai bekal untuk menghadapi peserta didik disaat berlangsungnya proses belajar mengajar. d. Mendapatkan pengalaman dari tempat pelaksanaan praktik mengajar D. Tahap-Tahap Kegiatan Praktik Mengajar Adapun tahap-tahapan praktik mengajar adalah sebagai berikut : 1. Melaksanakan dan membuat perencanaan pembelajaran, yaitu membuat silabus dan RPP yang didalamnya memuat SK, KD, Indikator, Kegiatan Pembelajaran, Materi Pokok, Penilaian dan Alokasi Waktu. 2. Menyampaikan tujuan pembelajaran atau materi pembelajaran yang sudah dipersiapkan yang harus dicapai oleh siswa. 3. Menulis pokok materi pembelajaran yang akan dibahas yang sesuai dengan tujuan pembelajaran 4. Membahas materi pembelajaran yang akan disampaikan. 5. Memberi contoh-contoh yang kongkrit pada setiap materi yang akan dibahas. 6. Menggunakan alat atau media untuk menjelaskan materi yang akan di bahas dalam proses belajar mengajar. 7. Mengadakan feeck beck, simulasi atau umpan balik. 8. Mengadakan Evaluasi BAB II PELAKSANAAN PRAKTIK MENGAJAR A. Pembekalan Mahasiswa Praktik Mengajar Pembekalan Mahasiswa Praktik Mengajar dilaksanakan dikampus STAI Auliaurrasyidin Tembilahan Hulu yang pada hari minggu tanggal 28 September 2014 di gedung Abdurraman Shiddiq STAI Auliaurrasyidin Tembilahan Hulu yang dilaksanakan oleh Tim Panitia PM. Adapun selain itu pembekalan dalam mengajar sudah diberikan oleh para dosen pada mata kuliah sebelumnya, yang wajib diambil oleh mahasiswa yang hendak melaksanakan praktik mengajar sepertii, mata kuliah Micro Teaching, Metodologi Pembelajaran Agama Islam dan sebagainya.Adapun tujuan dari pembekalan mahasiswa adalah untuk memberikan pengarahan kepada mahasiswa yang hendak terjun kelapangan dalam rangka praktik pengajaran disekolah yang telah ditentukan, serta memberi bekal persiapan dalam kegiatan Mengajar. B. Pengenalan Sekolah Praktikan dan Pengenalan SMPN 2 Tembilahan Pengenalan sekolah tempat praktik mengajar dilaksanakan pada hariRabupada tanggal 1 oktober 2014, yang diantar oleh dosen Pembimbing yaitu bapak Syaiful Anwar S.Pd, M.Pd, ke sekolah tempat praktik yaitu sekolah SMPN 2 Tembilahan (Jalan Tanjung Harapan Tembilahan). Setelah sampai di sekolah kami peserta Praktik Mengajar disambut baik oleh Kepala Sekolah dan diperkenalkan nama-nama guru dan juga langsung diperkenalkan dengan guru pamong yang akan menilai dan membimbing kami selama melaksanakan Praktik Mengajar. 1. Sejarah Berdirinya Sekolah SMPN 2 Tembilahan Pada tahun 1960 di Kabupaten Indragiri Hilir telah berdiri sebuah sekolah yang diberi nama SMEP dan ketika itu sekolah SMEP bertempat di Jl.Semampau, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya jumlah murid disekolah tersebut SMEP berpindah lokasi di JL.Tanjung Harapan sekarang, dan pada tahun 1979 SMEP berubah lagi namanya menjadi SMPN 3, seiring berjalan waktu dan berbagai macam perubahan yang ada dan hasil keputusan pemerintah SMPN 3 berubah lagi namanya pada tahun 2007 menjadi SMPN 2 Tembilahan hingga sekarang dan dikelilingi tanah seluruhnya 18375 m2. 2. Tugas Pokok Kepala Sekolah Kepala Sekolah bertugas Educator, Manejer, Administrator, Supervisor, Pemimpin/Leader Inovator dan Motivator. a. Kepala sebagai educator bertugas sebagai melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. b. Kepala sekolah sebagai Manejer mempunyai tugas : 1) Menyusun perencanaan 2) Mengorganisasikan kegiatan 3) Mengarahkan kegiatan 4) Mengkoordinasikan kegiatan 5) Melaksanakan pengawasan 6) Melakukan evaluasi terhadap kegiatan 7) Menentukan kebijakan 8) Mengadakan rapat 9) Mengambil keputusan 10) Mengatur proses belajar mengajar 11) Mengatur Administrasi, ketatausahaan, siswa, ketenagaan, sarana dan prasarana, keuangan (rapbs) 12) Mengatur organisasi intra sekolah 13) Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan intansi terkait. c. Kepala sekolah sebagai Administrator bertugas menyelenggarakan Administrasi. 1) Perencanaan 2) Pengorganiasasian 3) Pengarahan 4) Pengkoordinasian 5) Pengawasan 6) Kurikulum 7) Kesiswaan 8) Ketatausahaan 9) Ketenagaan 10) Kantor 11) Keuanagan 12) Perpustakaan 13) Laboraturium 14) Ruang keterampilan kesenian 15) Bimbingan konseling 16) UKS 17) OSIS 18) Media 19) Gedung d. Kepala sekolah sebagai supervisor menyelenggarakan supervise seperti : 1) Proses belajar mengajar 2) Kegiatan bimbingan dan konseling 3) Kegiatan ekstra kurikuler 4) Kegiatan ketata usaha 5) Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait 6) Sarana dan prasarana 7) Kegiatan OSIS 8) Kegiatan 7K e. Kegiatan Kepala Sekolah sebagai pemimpin /Leader 1) Dapat dipercaya, jujur dan bertanggung jawab 2) Memahami kondisi guru, karyawan dan siswa 3) Memhami visi dan misi sekolah 4) Mengambil keputusan interen dan eksteren sekolah 5) Membuat, mencari dan memilih gagasan baru f. Kepala Sekolah sebagai inovator 1) Melakukan pembaharuan dibidang : a) KBM b) BK c) Ekstra kurikuler d) Pengadaan 2) Melaksanakan pembinaan guru dan karyawan 3) Melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya di komite sekolah dan masyarakat g. Kepala Sekolah sebagai motivator bertugas 1) Mengatur ruang kantor yang kondusif untuk bekerja 2) Mengatur ruang kantor yang kondusif untuk KBM dan BK 3) Mengatur ruang laboraturium yang kondusif untuk pratikum 4) Mengatur ruang perpustakaan yang kondusif untuk belajar 5) Mengatur halaman/lingkungan yang sejuk dan teratur 6) Menciptakan hubungan yang harmonis sesama guru dan karyawan 7) Menerapkan prinsif penghargaan dan hukuman dalam melaksanakan tugasnya, kepala sekolah mendelagasikan kepada wakil sekolah 3. Tugas Pokok Guru Guru memiliki tugas yang beragam yang berimenplestasi dalam untuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan dan bidang kemasyarakatan. Tugas guru sebagai profesi meliputi : mendidik, mengajar, melatih. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan melatih mengembangkan keterampilan kepada siswa. Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas dalam melaksanakan proses belajar secara efektif dan efisien. Tugas dan tanggung jawab guru adalah : a. Membuat perangkat pengajaran b. Melaksanakan kegiatan pembelajaran c. Melaksanakan proses penilaian, UH, Ulangan umum dan ujian akhir d. Melaksanakan analisis hasil ulangan harian e. Menyusun dan melaksanakan perbaikan f. Mengisi daftar siswa g. Melaksanakan kagiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan) kepada guru lain dalam proses belajar mengajar h. Membuat alat pelajaran/alat peraga i. Menubuh kembangkan sikap menghargai karya seni j. Mengikuti pengembangan kurikulum k. Melaksanakan tugas struktur disekolah l. Mengadakan pengembangan program pengajaran yang jadi tanggung jawabnya m. Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa n. Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran 4. Pembinaan Kemampuan Profesional Guru Menurut Wijono’ (1998:123) menyatakan “bahwa pembinaan kemampuan profesional guru dimaksudkan untuk memberikan bantuan kepada guru terutama bantuan berupa bimbingan, pengarahan dan dorongan. Sejalan dengan pendapat diatas tentang pembinaan profesional guru depdikbut (1995:5) menyatakan pula bahwa pembinaan profesional guru adalah usaha memberi bantuan kepada guru memperluas pengetahuan, meningkatkan keterampilanm sehingga guru lebih ahli dalam mengelola kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran anak didik. Berdasarkan pendapat diatas dapat diambil kesimpulan tentang pembinaan profesional guru yaitu usaha yang dilakukan dalam rangka memberikan bantuan dengan cara memberikan bimbingan, pengarahan, dan motivasi guru agar mereka mempunyai pengetahuan yang luas dan keterampilan yang baik dalam bidangnya sehingga karena dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Sebagai mana telah dijelaskan diatas bahwa secara umum tugas profesional guru pada hakikatnya ada 3 yaitu mendidik, mengajar, melatih. Tugas guru dalam mendidik artinya memberikan bimbingan kepada anak agar dapat berkembang seoptial mungkin dan dapat meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Sedangkan tugas guru dalam mengajar artinya memberikan pengajaran untuk mengembangkanilmu pengetahuan dan teknologi untuk dapat melaksanakan tugas ini, guru juga dituntut untuk memiliki seperangkat pengetahuan dan keterampilan teknis mengajar demikian pula tugas guru dalam melatih yang berarti guru memberikan seperangkat psikomotor peserta didik sehingga mempunyai keterampilan yang dapat diandalkan. 5. Kurikulum Mata Pelajaran Kurikulum yang digunakan di SMPN 2 Tembilahan adalah kurikulum 2013.sebagian guru sudah menggunakan namun sebagian guru bidang studi PAI masih menggunakan krikulum KTSP karena guru tersebut belum ada mendapatkan pelatihan dari pihak sekolah. 6. Fasilitas Pendidikan Sekolah Praktikan a. Perpustakaan b. Lab. IPA c. Multimedia d. UKS e. Ruang tata usaha (TU) f. Ruang Majlis guru g. Ruang BP h. Wc guru i. Wc siswa/i j. Musalla 7. Pembinaan Kesiswaan a. Mengatur program dan melaksanakan bimbingan b. Mengatur dan mengkondisikan pelaksanakaan 7K c. Mengatur dan membina kegiatan OSIS, meliputi Kepramukaan, Palag Merah Remaja (PMR), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Patrol Keamanan Sekolah dan Paskibraka. d. Mengatur program pesantren kilat e. Mengatur dan melaksanakan pemilihan siswa teladan sekolah f. Menyelenggarakan cerdas cermat, olahraga berprestasi dan berbagai macam pertandingan g. Menyeleksi calon untuk mendapatkan beasiswa 8. Administrasi Kantor Sekolah No Jenis Ruangan Jumlah Luas nya Kondisi 1. Kepala Sekolah 1 51 m2 Baik 2. Tata Usaha 1 33 m2 Rusak ringan 3. Guru 1 144 m2 Baik 9. Sumber dan Alokasi Keuangan Sekolah a. Sumber Dana No Sumber Dana 2014/2015 1. Pemerintah Pusat  2. APBD (Kabupaten)  3. APBD (Provinsi)  4. Komite/Masyarakat  5. Wirausaha/Kantin  b. Alokasi Dana 1) Gaji guru honor 2) Pengembangan kompetensi lulusan 3) Pengembangan kurikulum 4) Pengembangan proses pembelajaran 5) Pengembangan sistem penilaian 6) Pengembangan pendidikan dan tenaga kependidikan 7) Pengembangan sarana dan prasarana sekolah 8) Pengembangan manajemen sekolah 9) Pengembangan pembinaan kesiswaan/Ekstra 10) Pengembagan budaya lingkungan sekolah 11) Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa serta kewirausahaan belanja pengawas 10. Hubungan Sekolah dan Masyarakat Hubungan masyarakat dan sekolah hubungan atau kemunication. Secara sederhana dapat diartikan sebagai proses penyampaian berita dari seseorang keorang lain. Sedangkan mengenai humas (hubungan masyarakat) sampai sekarang masih banyak orang mempunyai penafsiran yang berbeda, kebanyakan dari mereka mendefenisikan sesuai dengan cara mereka praktekkan. Lembaga hubungan masyarakat Malaysia (IPRM) menjelaskan bahwa hubungan masyarakat adalah suatu usaha yang sengaja direncanakan dan diteruskan untuk menjalin dan membina saling pengertian diantara organisasi dan masyarakatnya. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa keterlibatan masyarakat mempunyai peran yang besar bagi perkembanga organisasi dimasa yang akan datang. Begitu juga dengan sekolah, suatu sekolah bisa dikatakan sukses jika mampu mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Karena bagaimana pun juga pendidikan adalah tanggung jawab bersama orang tua, sekolah dan masyarakat. Muhammad Noor Syam (1986 : 199) dalam bukunya filsafat pendidikan pancasila mengungkapkan bahwa hubungan masyarakat dengan pendidikan sangat bersifat korelatif, bahkan seperti ayam dan telurnya. Masyarakat maju karena pendidikan, pendidikan yang maju hanya akan ditemui dalam masyarakat yang maju pula Dari uraian tersebut diatas, jelas bahwa pada hakikatnya keterlibatan masyarakat mempunyai peran yang cukup besar bagi kesuksesan suatu organisasi. Untuk itulah bagi setiap organisasi perlu meningkatkan kerja sama yang baik dengan masyarakat sehingga keberhasilan akan diraih sesuai dengan harapan. Layanan riset pendidikan Asosiasi nasional kepada pendidikan dasar di Alexandria merumuskan beberapa teknik meningkatkan keterlibatan berbagai pihak dalam menyelenggarakan pendidikan adalah sebagai berikut : a. Layanan Masyarakat Dalam hal ini lembaga pendidikan harus mempelajari kebutuhan masyarakat dan berusaha memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat. b. Program Pemanfaan Alumni Sekolah Lembaga bisa melibatkan alumni yang sukses sebagai pembicaraan dalam seminar atau kegiatan lain untuk meningkat semangat siswa-siswinya. c. Masyarakat sebagai Model Masyarakat sebagai model seswa disekolah terutama masyarakat yang telah berhasil dalam kehidupannya. d. Open House Lembaga pendidikan secara terbuka bersedia diobservasi oleh masyarakat yang telah berhasil dalam kehidupannya. e. Pemberian kesempatan kepada Masyarakat Lembaga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan. f. Masyarakat sebagai Informasi Lembaga selalu mencari isu-isu dalam masyarakat guna mengembangkan lembaganya. g. Diskusi Panel Siswa, orang tua, dan pekerjaan mengadakan pertemuan untuk menindak lanjuti kegiatan hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat. h. Memberdayakan orang-orag kunci Lembaga juga bisa memberdayakan orang-orang kunci dalam masyarakat seperti Kyai, sesepuh desa, pengusaha sukses, ketua RT,RW dan lain sebagainya untuk diikuti dalam memikirkan program pengembangan sekolah. Sedangkan menurut H.M Daryanto (1998 : 76) sarana-sarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan hubungan sekolah dengan masyarakat adalah sebagai berikut : a. Sistem Visual yaitu sistem komunikasi dengan mempergunakan alat-alat yang dapat dilihat oleh panca indra seperti majalah, surat kabar, poster, gambar dan lain sebagainya. b. Sistem audio yaitu dengan menggunakan alat-alat yang berhubungan indra pendengaran seperti rapat-rapat, kontak telepon, telegram dan sebagainya. c. Sistem audio visual yaitu sistem komunikasi dengan mempergunakan alat-alat indra penglihatan dan pendengaran seperti televisi, film dan sebagainya. C. Temuan-Temuan Dalam Pembelajaran Temuan-Temuan Dalam Pembelajaran Nama Mahasiswa : Aminuddin NIM : 1209.11. 06294 a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran Pada pertemuan ini kelemahan yang saya temukan adalah kurangnya pengusaan materi dari saya sendiri dan saya merasa belum merasa mengusai kelas yang sebenarnya b. Kelemahan itu terjadi karena: Masih terasa gugup dan kurang percaya diri. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa sangat antusias meskipun baru pertama kali d. Kelebihan itu terjadi karena: Rasa ingin tahu siswa terhadap bagaiman guru Peraktek Mengajar mengampaikan materi ajarnya e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Hal unik pada pertemuan pertama ini adalah pada saat pertama saya masuk sebagian siswa bayak yang bertanya mengenai hal hal pribadi saya sehingga anak anak tertawa f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 1, rencana berikutnya adalah: Setelah saya melalui proses pembelajaran yang pertama kali ini banyak hal yang saya temukan untuk memperbaiki untuk pertemuan berikutnya, agar lebih baik lagi. Pertemuan II (Dua) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Saya kurang mengkondisi kan waktu b. Kelemahan itu terjadi karena: Karena materi yang harus disampaikan terlalu banyak c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Suasana kelas aman terkendali dan seluruh siswa mengikuti pembelajaran dengan serius d. Kelebihan itu terjadi karena: Saya menggunakan sistem kelompok dan mengkondisikan seluruh siswa untuk aktif dan menguasai bahan yang diberikan e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ketika saya melakukan proses pembelajaran pada pertemuan kedua ini ada saya jumpai siswa yang gugup ketika saya mengajukan pertanyaan f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 2, rencana berikutnya adalah: Saya berusaha tampil lebih baik lagi Pertemuan III (Ketiga) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Kelemahan yang saya temukan dalam kali ini adalah banyak nya guru yang berdekatan dengan lokal yang saya mengajar tidak masuk sehingga proses pembelajaran kami terganggu. b. Kelemahan itu terjadi karena: Karena banyaknya siswa yang ribut sehingga pembelajaran tidak berjalan dengan baik c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa sangat antusias untuk belajar d. Kelebihan itu terjadi karena: Banyaknya siswa yang semangat untuk belajar e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Adanya siswa yang merasa kepedeaan didalam kelas sehingga yang lain marah f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-3, rencana berikutnya adalah: Saya berusaha tampil lebih baik lagi dan menutupi kekurangan-kekurangan tersebut Pertemuan IV (Empat) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Seringnya anak anak keluar masuk kelas b. Kelemahan itu terjadi karena: Anak anak kurang minat dengan pelajaran agama nampaknya c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Sebagian siswa mulai serius nampaknya dengan sistem pembelajaran yang saya terapkan d. Kelebihan itu terjadi karena: Siswa benar benar telah belajar terlebih dahulu sebelum materi yang telah diajarkan e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Adanya siswa yang menggunakan bahasa tempatnya sendiri ketika saya bertanya mengenai pelajaran. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-4, rencana berikutnya adalah: Saya akan berusaha untuk menjadi yang terbaik dan lebih baik lagi dalam proses belajar mengajar kedepannya Pertemuan V (Lima) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa banyak yang ribut b. Kelemahan itu terjadi karena Saya kurangmengawasi mereka c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Meski ribut, tapi sebagian siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran d. Kelebihan itu terjadi karena: Karena media yang saya gunakan menarik e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Adanya siswa yang mau tidur sehingga siswa yang lain memperhatikannya f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 5, rencana berikutnya adalah: Saya akan membuat media yang lebih menarik lagi Pertemuan VI (Enam) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa ada yang kurang memperhatikan karena hari panas dan mereka lapar b. Kelemahan itu terjadi karena: Karena adanya bau bauan dari tetangga sekolah yang memasak c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa menjadi antusias dan bersemangat karena metode digunakan banyak metode bercerita d. Kelebihan itu terjadi karena: Saya memberi teguran lewat kejadian kejadian yang nyata atau digunakan metode bercerita e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ada siswa siswa yang kebingungan ketika saya tanya pelajaran sehingga siswa lain tertawa f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 6, rencana berikutnya adalah: Saya akan mengajar lebih baik lagi Pertemuan VII (Tujuh) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Saya kurang fokus terhadap pembelajaran b. Kelemahan itu terjadi karena: Media yang saya gunakan kurang menarik c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa sangt memperhatikan dan antusias sekali pada pertemuan kali ini d. Kelebihan itu terjadi karena: Saya mengontrol dan menceritakan bahwasanya saya akan tidak beberapa kali pertemuan lagi akan selesai praktik. e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Adanya aroma yang mengegarkan dari luar ruangan sehingga siswa tertawa. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 7, rencana berikutnya adalah: Saya akan lebih fokus dalam mengajar Pertemuan VIII (Delapan) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Banyak siswa yang mengantuk b. Kelemahan itu terjadi karena: Karena kondisi cuaca yang panas c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa semangat belajar d. Kelebihan itu terjadi karena: Saya memberi motivasi dengan menceritakan tentang hal yang berkaitan dengan materi ajar karena mereka menghargai saya karena pertemuan ter akhir untuk praktik e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ada yang bertanya terus tentang diri pribadi saya kapan terakhir praktik mengajar sehingga mereka merasa sedih f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 8, rencana berikutnya adalah: Saya akan lebih fokus dan sepenuhnya akan menjadi tenaga pendidik yang baik dan maksimal mungkin dalam mengajar setelah Peraktik Mengajar ini untuk kedepannya. Temuan-Temuan Dalam Pembelajaran Nama Mahasiswa : Deki NIM : 1209.11.06374 Pertemuan I (Satu) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Saya belum menguasai materi b. Kelemahan itu terjadi karena: Masih canggung karena hari pertama c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa tanggap terhadap materi meskipun hari pertama saya masuk d. Kelebihan itu terjadi karena: Rasa ingin tahu siswa yang tinggi e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Anak-anak bertanya hal yang aneh kepada saya lalu saya pun menjawab dengan bahasa melayu pada akhirnya perkenalan itu menjadi sehingga anak yang lain tertawa. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 1, rencana berikutnya adalah: Setelah saya lalui proses pembelajaran pertama ini, saya mendapat pengalaman baru dan untuk pertemuan selanjutnya saya berusaha tampil lebih baik lagi. Pertemuan II (Dua) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Seringnya saya melihat buku PAKET b. Kelemahan itu terjadi karena: Saya tidak begitu menguasai materi ajar c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Suasana kelas aman terkendali d. Kelebihan itu terjadi karena: Saya menggunakan pandangan mata yang tajam sehingga siswa memperhatikan materi yang saya berikan e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ketika saya mengadakan tanya jawab, ada salah satu siswa yang gemetaran dan gugup sehigga anak-anak yang lain tertawa. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 2, rencana berikutnya adalah: Saya berusaha tampil lebih baik lagi Pertemuan III (Tiga) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Materi masih panjang tapi waktu selalu tidak cukup akhirnya saya tidak sempat betanya jawab. b. Kelemahan itu terjadi karena: Saya selalu bercerita-crita agar anak-anak tidak bosan c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa sangat antusias dalam belajar d. Kelebihan itu terjadi karena: Banyak siswa yang aktif bertanya e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ada siswa yang bercanda dengan bahasa daerah sehingga saya tertawa f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 3, rencana berikutnya adalah: Saya akan berusaha menguasai materi. Pertemuan IV (Empat) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa banyak yang keluar masuk kelas b. Kelemahan itu terjadi karena: Anak-anak tidak merespon pembeajaran c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran Sebagian siswa belajar serius d. Kelebihan itu terjadi karena: Rasa ingin tahu yang tinggi e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ada siswa yang tidur saat belajar f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 4, rencana berikutnya adalah: Saya akan menegaskan strategi belajar yang lebih baik. Pertemuan V (Lima) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa banyak yang ribut b. Kelemahan itu terjadi karena: Saya kurangmengawasi mereka c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Meski ribut, tapi sebagian siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran d. Kelebihan itu terjadi karena: Karena media yang saya gunakan menarik e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ada siswa yang memakai celana tapi bagian kelengkangnya koyak f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 5, rencana berikutnya adalah: Saya akan membuat media yang lebih menarik lagi Pertemuan VI (Enam) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa ada yang tidak memperhatikan pelajaran b. Kelemahan itu terjadi karena: Saya mengajar hanya didepan kelas, tidak ada kebelakang mengontrol siswa c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa menjadi antusias d. Kelebihan itu terjadi karena: Saya memberi teguran e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ada siswa yang gemetaran ketika saya tegur f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 6, rencana berikutnya adalah: Saya akan mengajar lebih baik lagi Pertemuan VII (Tujuh) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Saya kurang fokus terhadap pembelajaran b. Kelemahan itu terjadi karena: Saya tidak menggunakan media c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa tidak ada yang ribut d. Kelebihan itu terjadi karena: Saya mengontrol kinerja siswa e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ada siswa tidak nyambung ketika menjawab pertanyaan dari saya. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 7, rencana berikutnya adalah: Saya akan lebih fokus dalam mengajar Pertemuan VIII (Delapan) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Banyak siswa yang mengantuk b. Kelemahan itu terjadi karena: Sebagian siswa ada yang lapar karena sudah waktunya makan siang c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa menjadi semangat belajar d. Kelebihan itu terjadi karena: Saya memberi motivasi dengan menceritakan tentang hal yang berkaitan dengan materi ajar e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ada yang tertidur di dalam kelas f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 8, rencana berikutnya adalah: Saya akan lebih fokus dalam mengajar setelah PPL ini. Temuan-Temuan Dalam Pembelajaran Nama : Nur Mutmainnah Nim : 1209 11 06272 Pertemuan 1 ( satu ) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Situasi yang kurang tenang , siswa agak ribut b. Kelemahan itu terjadi karena : Anak-anak lebih terfokus untuk berkenalan c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah : Meski saya agak sedikit gugup dan kurang percaya diri tapi saya berusaha memberikan penjelasan materi dengan baik dan saya bersikap seperti guru pada umumnya. d. Kelebihan itu terjadi karena: Saya berusaha tenang, santai dan bersikap seperti guru-guru pada umunya. e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran adalah : terjadinya komunikasi yang baik sehingga materi yang disampaikan dapat dengan mudah diserap oleh anak. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- 1. Rencana berikutnya adalah: mempersiapkan dan membuat RPP untuk pertemuan ke dua serta memperbaiki kelemahan saya dalam pengelolaan kelas yang telah terjadi keributan pada siswa. Pertemuan II (Dua) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah saya masih merasa gemetara menghadap peserta didik, apa lagi di ruang kelas ada pamong yang sedang melihat saya ketika saya mengajar. b. Kelemahan itu terjadi karena saya kurang mengusai materi dan ini merupakan pertama kalinya saya mengajar di sekolahan dan menghadapi siswa-siswi. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah saya merasa sedikit demi sedikit rasa gemetaran atau gugup yang ada pada dirinya saya agak berkurang dan dengan seriusnya saya melanjutkan materi yang saya ajarkan. d. Kelebihan itu terjadi karena peserta didik yang saya ajarkan agak sedikit tenang walaupun ada beberapa siswa yang agak rebut namun itu semua dapat saya kendalikan. e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran adalah ketika saya mengadakan tanya jawab, ada salah satu siswa yang gemetaran dan gugup ketika saya menunjuk dirinya untuk menjawab. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- II. Rencana berikutnya adalah saya akan berusaha untuk tampil lebih baik lagi dan akan menghilangkan rasa gemetran dan gugup yang ada pada diri saya. Pertemuan III (Tiga) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah kurangnya waktu untuk berdiskusi. b. Kelemahan itu terjadi karena peserta didik kurang memahami dengan apa yang saya suruh dan kurang memahami dengan materi yang diberikan. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah siswa sangat antusias dalam proses pembelajaran d. Kelebihan itu terjadi karena siswa aktif bertanya tentang hal-hal yang belum mereka pahami. e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran adalah hal-hal yang menurut saya tidak perlu ditanyakan itu yang menjadi bahan pertanyaan salah satu siswa. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- III. Rencana berikutnya adalah saya akan menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya dan saya akan menjelaskan materi dengan sejelas-jelasnya. Pertemuan IV (Empat) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah pada proses pembelajaran berlangsung siswa kurang tampak semangat b. Kelemahan tersebut terjadi karena materinya seolah dianggap ringan atau pengertian dari prilaku yang dianggapnya sudah mereka (Siswa-Siswi) memahami walau belum mempraktekkan. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah Siswa lebih banyak mencurhatkan bentuk-bentuk Prilaku, atau kebiasaan sehari-hari. d. Kelebihan tersebut terjadi karena Siswa/Siswi lebih suka mengidentifikasi bentuk prilakunya. e. Hal-hal yang unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah ada seorang siswa yang suka membuat lelucuan, sehigga teman-temanya tertawa. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- IV rencana saya berikutnya adalah saya akan lebih belajar lagi tentang bagai mana caranya menimbulkan semangat belajar siswa terutama pada penguasaan materi. Pertemuan V (Lima) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah: penataan kelas yang masing kurang tepat b. Kelemahan tersebut terjadi karena: karena kurang peka terhadap kondisi anak sehingga kegiatan kurang memuaskan. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah: dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik sehingga siswa merasa nyaman saat proses pembelajaran berlangsung. d. Kelebihan tersebut terjadi karena: dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan rencana pembelajaran, semua langkah-langkah pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik. e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah: ada siswa yang berpindah tempat duduk dengan sendirinya untuk mencari teman berbicara, tanpa diperintahkan oleh guru f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- V rencana saya berikutnya adalah mempesiapkan dan membuat RPP untukpertemuan keenam dan memperbaiki kesalahan saya yaitu dalam penataan kegiatan agar lebih baik. Pertemuan VI (Enam) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah banyak siswa - siswi yang rebut dan bebicara. b. Kelemahan itu terjadi karena saya menyuruh siswa – siswi untuk membaca hadis tentang rendah hati dan hidup hemat secara satu persatu, sedangkan yang lainnya rebut. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah banyak siswa – siswinya yang sudah lancer membaca Al-Qur’an. d. Kelebihan itu terjadi karena setiap siswa-siswa sudah dia bombing untuk belajar ngaji baik itu dirumah maupun disekolah. e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran adalah ada sama sekali diantara 25 siswa tersebut kurang biasa dalam membaca Al-Qur’an f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- VI Rencana berikutnya adalah Saya berusaha agar siswa-siswinya untuk tidak ribut dengan cara menyuruh siswa-siswi yang belum tampil membaca hadist akan membacakan didepan. Pertemuan VII ((Tujuh) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah pertanyaan Siswa/I yang tidak cukup untuk diselesaikan pada waktu yang terbatas ini. b. Kelemahan tersebut terjadi karena banyaknya pertanyaan yang Kasusnya sangat berfariasi. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah antusias Siswa/i untuk lebih jauh memahami materi yang menjadikan pertanyaan siswa/i sebagai motifasi bagi saya untuk belajar lebih banyak kedepanya. d. Kelebihan tersebut terjadi karena rasa ingin tahunya Siswa/i yang sangat besar dan memang pertanyaanya sangat berfariasi. e. Hal-hal yang unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah petanyaan yang sangat berfariasi menjadikan suasana menarik. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke- VII Rencana berikutnya adalah mempersiapkan RPP untuk pertemuan ke VIII dan saya akan berusaha menggunakan waktu sebaiknya mungkin. Pertemuan VIII (Delapan) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah banyak siswa yang tidak mengerti tentang materi yang saya ajarkan. b. Kelemahan itu terjadi karena siswa kurang memahami tentang sejarah-sejarah islam, sehingga siswa agak sulit untuk menerima materi tersebut, karena siswa merasa asing dengan kata-kata atau nama-nama tokoh dalam materi yang saya ajarkan. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah walaupun siswa kurang memahami dengan materi yang saya ajarkan, namau para siswa masih semangat untuk ikut belajar. d. Kelebihan itu terjadi karena rasa ingin tahu siswa sangat tinggi e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran adalah ada beberapa siswa sangat sulit untuk menyebutkan nama-nama tokoh yang ada dalam materi bahkan ada yang salah, sehingga beberapa siswa menertawai temannya yang salah. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-1 sampai ke-8 rencana saya berikutnya adalah akan berusaha melakukan yang terbaik dalam proses pembelajaran untuk kedepannya, bukan hanya dalam kegiatan praktek mengajar tetapi dalam berbagai proses kegiatan pembelajaran yang lain. Temuan-Temuan Dalam Pembelajaran Nama Mahasiswa : Kurnia sari Nim : 1209.11.06303 Pertemuan ke I (pertama) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah: Saya kurang menguasai materi dan saya belum menguasai kelas dengan baik. b. Kelemahan itu terjadi karena: Rasa kurang percaya diri ketika berada didepan kelas. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa sangat antusias untuk bertanya mengenai materi yang diajarkan. d. Kelebihan itu terjadi karena: Siswa ingin mengetahui sejauh mana pengetahuan guru praktek mengajar terhadap materi yang dia sampaikan. e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Hal yang unik pada pertemuan pertama ini adalah pada saat saya masuk sebagian siswa ada yang bertanya yang aneh-aneh dari maperi pelajaran,sehingga tenam-temannya mengertetawakannya. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-1 ini,rencana berikutnya adalah: Setelah saya melalui proses pembelajaran pertama ini, banyakhal-hal yang harus saya perbaiki untuk pertemuan berikutnya, supaya bagus lagi. Pertemuan ke II (dua) a. Kelemahan yang saya temukan ketika proses pembelajaran: Saya tidak mengkondisiskan waktu, sehingga materi yang disampaikan tidak cukup dengan waktu yang ada. b. Kelemahan itu terjadi karena: Sebagian siswa ada yang rebut, sehingga waktu temakan sedikit untuk mendiamkan mereka. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Banyak siswa yang mengikuti pelajaran dengan serius. d. Kelebihan itu terjadi karena: Saya sudah menguasai materi yang disampaikan kepada siswa. e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Pada saat proses pembelajaran ada beberapa orang siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan saya, karena malu untuk bersuara. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-2, rencana berikutnya adalah: Saya berusaha untuk lebih baik lagi. Pertemuan ke III (tiga) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Kelemahan yang saya temukan pada saat pertemuan ke tiga ini yaitu materi yang saya sampaikan kurang tajam. b. Kelemahan itu terjadi karena: Saya hanya membaca atau menguasai satu buku saja, sehingga contoh-contoh yang diberikan tidak banyak. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswanya sangat bersemangat untuk belajar. d. Kelebihan itu terjadi karena: Rasaingin tahu siswa tentang materi pelajaran sangat kuat sekali. e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Hal yang unik pada pertemuan ketiga ini yaitu ada anak ketita saya suruh maju kedepan dan saya beri dia pertanyaan dia tidak bisa menjawab karena gugup. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-3, rencana berikutnya adalah: Berusaha untuk terus lebih baik. Pertemuan ke IV (empat) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Kelemahan yang saya temukan pada saat pertemuan keempat ini adalah ketika anak bertannya, saya menjelaskannya hanya kepada anak yang bertanya saja, tidak menjelaskan kepada seliruh anak didepan kelas. b. Kelemahan itu terjadi karena: Karena siswa yang lain rebut, sehingga susah untuk menjelaskan didepan kelas. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Ketika saya menjelaskan kepada anak yang bertanya, dia lansung paham dan bisa mengambil kesimpulan dari yang saya jelaskan. d. Kelebihan itu terjadi karena: Materi yang saya sampaikan telah saya kuasai dan saya pahami dengam]n baik. e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ada siswa ketika dia bertannya tidank nyambung dengan materi pelajaran, sehingga teman-temannya tertawa. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-4, rencana berikutnya adalah: Saya akan lebih baik lagi dalam menyampaikan materi. Pertemuan ke V (lima) a. Kelemahan yang saya temukan ketika proses pembelajaran: Siswa banyank yang rebut. b. Kelemahan itu terjadi karena: Karena susahnya mendiamkan mereka. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Walaupun ada beberapa orang yang rebut, tetapi siswa yang lain semangat untuk belajar. d. Kelebihan itu terjaddi karena: Media yang saya gunakan dapat menagik sebagian siswa tersebut. e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ada siswa yang merasa dirinya hebat sehigga kawan-kawannya yang lain tidak suka. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-5, rencana berikutnya adalah: Saya berusaha lebih baik untuk pertemuan berikutnya. Pertemuan ke VI (enam) a. Kelemahan yang saya temukan ketika proses pembelajaran: Ada siswa yang tidak memperhatikan, karena dia mengerjakan PR mata pelajaran lain ketika saya mengajar. b. Kelemahan itu karena: Saya kurang mengontrol siswa yang duduk dibelakang. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa-siswi nya lebih banyak yang bersemangat belajar dibandingkan pertemuan yang sebelumnya. d. Kelebihan itu terjadi karena: Saya menyampaikan materi lebih baik dan menguasai materi. e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ada siswa yang bertanya dengan saya menggunakan bahasadaerah sehinnga kawan-kawannya mengetawakannya. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-6 ini, rencana berikutnya adalah: Saya akan berusaha untuk lebih baik lagi dalam mengajar. Pertemuan ke VII (tujuh) a. Kelemaha yang saya temukan selama proses pembelajaran: Ada siswa yang suka bernyanyi sehingga menganggu konsentrasi kawannya untuk belajar. b. Kelemahan itu terjadi karena: Susah nya anak-anak tersebut disuruh diam. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa-siswinya lebih banyak yang antusias atu bersemangat untuk belajar. d. Kelebihan itu terjadi karena: Media yang saya gunakan sangat menarik. e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ketika saya suruh anak praktek kedapan ada yang tedak bisa karena malu. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-7, rencana berikutnya adalah Untuk kedepannya saya akan menggunakan media lebih menarik lagi. Pertemuan ke VIII (lapan) a. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Ada siswa yang suka keluar masuk dalam kelas ketika pelajaran agama. b. Keleman itu terjadi karena: Siswa yang sering keluar masuk tersebut beda agama. c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran: Siswa yang lainnya sangat bersemangat dalam mengikuti pelajaran. d. Kelebihan itu terjadi karena: Saya sudah menguasai materi dengan baik. e. Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran: Ketika saya memberikan pertanyaan kepada siswa ada siswa yang menjawab tidak nyambung dengan pertanyaan saya sehingga teman-tamannya tertawa. f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-8, saya jadikan pengalaman dan berusaha untuk lebih baik ketika saya mengajar nanti. BAB III KESIMPULAN A. Kesimpulan Praktek mengajar merupakan kegiatan pelatihan untuk mengaplikasikan pengalaman, sikap dan keterampilan dalam melaksanakan pendidikan calon guru, dalam ini mahasiswa dilatih untuk menguasai kemampuan atau kompetensi kemampuan keguruannya yang utuh dan terintegrasi. Adapun tujuan praktek mengajar adalah : 1. Menambah ilmu pengetahuan serta pengalaman untuk mendidik mental bagi mahasiswa dan menerapkan ilmu yang diperoleh sebagai calon seorang guru. 2. Mendalami karakter siswa 3. Untuk melatih mahasiswa dalam mengajar Adapun praktek mengajar : 1. Menambah ilmu pengetahuan tentang praktek mengajar 2. Dapat mengetahui berbagai macam hambatan penyelesaian dan permasalahan. 3. Sebagai bakal dan mental untuk menghadapi peserta didik saat benar-benar menjadi guru kelak. 4. Memperoleh pengalaman dan menyambung silatuhrahmi sesama majelis guru yang ada disekolah tersebut. Tahap-Tahap Kegiatan Praktek Mengajar Adapun tahap-tahap dalam praktek mengajar adalah : 1. Melakukan dan membuat perencanaan pembelajaran yaitu membuat Silabus dan RPP 2. Menyampaikan tujuan pembelajran atau materi pembelajaran yang sudah dipersiapkan 3. Menulis pokok materi yang sudah dibahas yang disesuaikan dengan materi pembelajaran 4. Membahas materi pembelajaran yang akan disampaikan 5. Memberikan contoh-contoh yang kongkrit dari setiap materi yang dibahas 6. Menggunakan media untuk memperjelas materi pelajaran yang dibahas dalam proses belajar mengajar. 7. Mengadakan feed beck umpan balik 8. Mengadakan evaluasi a. Secara Umum Kelemahan Pembelajaran. Secara umum kelemahan pembelajaran yang kami lakukan selama 8 kali praktek mengajar di SMPN 2 Tembilahan dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya penguasaan materi dan pengelolaan kelas bagi kami mahasiswa praktik mengajar (PM). b. Secara Umum Penyebab Kelemahan Pembelajaran. Secara umum penyebab kelemahan yang kami lakukan dalam 8 kali Praktek Mengajar di SMPN 2 Tembilahan dalam proses pembelajaran yaitu dengan adanya kurang pengusaan materi dan pengelolaan kelas sehingga membuat ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru. c. Secara Umum Kelebihan Pembelajaran. Secara umum kelebihan pembelajaran yaitu. Kelibihan yang kami temukan selama lebih kurang 8 kali pertemuan yaitu siswa siswi SMPN 2 Tembilahan ini kebanyakan siswa siswinya pintar dan antusias sekali sehingga didalam proses pembelajaran mudah diterimanya, walaupun sepintas lalu yang kami sampaikan. d. Secara Umum Penyebab Kelebihan Pembelajaran. Secara umum penyebab kelebihan pembelajaran yaitu dengan kebayakan siswa siswi yang pintar dan atusias dalam pembelajaran maka proses pembelajaran begitu mudah diterima dan mudah diterapkan model model pembelajaran yang bagaimanapun. e. Rangkuman perbaikan pembelajaran Dapat kami rangkumkan secara keseluruhan perbaikan pembelajaran kami adalah kami akan lebih berusaha lagi dalam menerapkan metode metode untuk kedepan dan memaksimalkan pembelajaran ini dan sebagai acuan untuk lebih maju sedikit demi sedikit kedepannya dalam memperbaiki apa apa kelemaham yang telah kami temukan selama praktik mengajar, dan insyaallah akan menjadi guru yang profosional. B. Saran Semoga laporan akhir ini dapat berguna sebagaimana mestinya dan dapat bermanfaat khusunya pada penyusun dan umunya bagi pembaca, apabila dalam pembuatan laporan in terdapat kesalahan dan ada ketidak tepatan baik dari segi tulisan maupun perkataan kami dari mahasiswa praktik Mengajarar angkatan Ke XII Tahun 2014 sebanyak 4 orang ini dengan nama Aminuddin, Deki, Nur mutmainnah, dan Kurniasari,mohon saran yang sipatnya membangun dari berbagai pihak manapun, semoga laporan akhir ini ada mamfaatnya bagi kita semua, Amin yarabbal’alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar