Kamis, 17 Oktober 2013

MAKNA PENDIDIKAN MAKNA PENGAJARAN DAN MAKNA TUGAS GURU



Tugas
MAKNA PENDIDIKAN MAKNA PENGAJARAN DAN MAKNA TUGAS GURU
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah
Metodologi Pembelajaran PAI
Dosen Pengampu
Drs.H.M.Ilyas.M.A
Disusun
      Nama    Aminuddin
      Nim     1209.11.06 294
      Semester V
      Lokal    B
      Prodi    PAI.
Sekolah  Tinggi Agama Islam (STAI)
Auliaurrasyidin
Tembilahan
2013

PEMBAHASAN
MAKNA PENDIDIKAN MAKNA PENGAJARAN DAN MAKNA TUGAS GURU
A.Makna pendidikan
Pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti ( karakter, kekuatan bathin), pikiran (intellect) dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya.
Pendidikan adalah sebagai usaha membina dan mengembangkan pribadi manusia baik mengangkut aspek rohaniah maupun aspek jasmaniah
Ada beberapa pendapat mengenai pendidikan itu endiri diantara.

Ø  Menurut H. Horne pendidikan adalah proses yang terus menerus abadi dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

Ø  Menurut John Dewey pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup.

Ø  Menurut Thompson Pendidikan adalah pengaruh lingkungan terhadap individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang tetap dalam kebiasaan perilaku, pikiran dan sifatnya.

Menurut saya pendidikan ialah sutu proses penyampaian dari sesorang yang disampaikan kepada orang tertentu demi untuk mengembangkan dan membina sikap dan kepribadian seseorang untuk lebih baik dari pada yanng sebelumnya agar tercapainya suatu prubahan sikap baik jasmani maupun rohani.

B.Makna pengajaran
Pengajaran dilaksanakan dalam suatu aktifitas yang kita kenal dengan istilah mengajar.William H.burton seorang behavioris dalam segala (2009:61) mengajar adalah upaya memberikan stimulus,bimbingan,pengarahan dan dorongan kepada siswa agar terjadinya proses belajar.
Oleh free online dictionori pengajaran didefinisikan dengan kegiatan praktik pekerjaan atau profesi seorang guru atau sesuatu yang diajarkan seni atau profesi seorang guru,kegiatan dalam mendidik atau mengajar.jadi dapat diperhaluskan bahwa pengajaran adalah sesuatu tugasan dan aktiviti yang diusahakan bersama oleh guru dan muridnya.
Pengajaran ini adalah dirancangkan guru secara sistematik dan teliti untuk melaksanakannya dengan kaedah dan teknik mengajar yang sesuai, membimbing, menggalakan dan memotivasikan murid supaya mengambil inisiatif untuk belajar, demi memperolehi ilmu pengetahuan dan menguasai kemahiran yang diperlukan.

Menurut saya pengajaran adalah suatu kegiatan atau proses antara guru dan murid saling bekerja sama untuk mencapai suatu proses pendidikan yang baik dimana murid sebagai pembelajar (belajar)Dapat Mendengar Dengan Sebaik Mungkin agar suatu pengajaran yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik dan benar.

C.Makna tugas guru
Tugas guru Guru memiliki banyak tugas, baik yang terikat oleh dinas maupun di luar dinas,dalam bentuk pengabdian. Guru merupakan profesi/jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru dan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang kependidikan.
1. Bidang Profesi meliputi
Mendidik meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup.
Mengajar meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Melatih mengembangkan keterampilan-keterampilan pada siswa.
2. Bidang Kemanusiaan di sekolah harus dapat menjadikan dirinya sebagai orangtua kedua yang mampu menarik simpati sehingga ia menjadi idola para siswanya, dan menjadi motivasi bagi siswanya dalam belajar.
Bidang Kemasyarakatan masyarakat menempatkan guru pada tempat yang lebih terhormat dilingkungannya karena dari seorang guru diharapkan masyarakat dapat memperoleh ilmu pengetahuan. Ini berarti bahwa guru berkewajiban mencerdaskan bangsa menuju pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berdasarkan Pancasila.
Semakin akurat para guru melaksanakan fungsinya, semakin terjamin tercipta danterbinanya kesiapan dan keandalan seseorang sebagai manusia pembangunan dan ilmu pengetahuan yan baik dan benar.
Menurut saya tugas guru adalah sutau usaha yang harus dilaksanakan oleh seorang guru dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat umum dengan menjalan apa apa yang telah diprogramkan oleh pemerintah dengan senantiasa menjalankan sesuai dengan keahliannya dalam menerapkan pembelajaran sesuai dengan keahliannya.

D.Kesimpulan
Dengan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa.
Pendidikan adalah sebagai usaha membina dan mengembangkan pribadi manusia baik mengangkut aspek rohaniah maupun aspek jasmaniah.
pengajaran didefinisikan dengan kegiatan praktik pekerjaan atau profesi seorang guru atau sesuatu yang diajarkan seni atau profesi seorang guru,kegiatan dalam mendidik atau mengajar.
Guru merupakan profesi/jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru dan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang kependidikan.





DAFTAR BACAAN
Muhammad Takdir Ilahi.Revetalisasi Pendidikan Bebasis Moral,Jokjakarta:Ar-Ruzz Media 01
Drs.Moh.Uzer Usman. Menjadi Guru Profisional.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya. 004
Prof.Dr.Suyono M.Pd. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.01
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar